Berpikir Dewasa

Mungkin benar kata orang ” Dewasa itu pilihan. Usia bertambah, bukan berarti kedewasaan juga.”  Seseorang yang jauh lebih muda daripada gw, bisa berpikir jauh lebih dewasa dan bijaksana daripada gw.

Ternyata di usia gw yang telah menginjak kepala dua ini, masih belum bisa berpikir jernih, belum mampu bertindak bijaksana, dan sekarang terjebak dalam permainan yang gw mulai.

Ok, kembali ke masalah dewasa. Berpikir dewasa itu seperti apa? Yang gw tahu, seorang yang dewasa, mampu menimbang baik buruknya sebuah tindakan. Mampu bertanggung jawab atas semua tindakannya, dan berpikir jauh ke depan.Dan kedewasaan itu tidak tergantung pada umur. Gw telah melihat seseorang yang lebih muda dari gw, tapi jauh lebih dewasa. Gw juga mengenal seseorang yang lebih tua, tapi masih seperti kanak-kanak cara berpikirnya.

jadi, sanggupkah kita memulai untuk menjadi dewasa?

40 Responses to “Berpikir Dewasa”

  1. kalo menurut jee berpikir dewasa itu bukan dimulai dari kemauan kita atau niat kita. tapi dari kesadaran kita dalam melihat, mendengar dan merasakan. karena semua hal terjadi biasanya melewati suatu tahapan proses. jadi kita harus terus belajar untuk mengamati dunia lalu kemudian menyelami diri sendiri. setelah masuk ke proses memahami dan hasilnya : apakah dari situ bisa memberi kesadaran ke dalam diri kita untuk menimbulkan kedewasaan dalam berpikir dan tingkah laku ?

    * hadoh…. jadi panjang lebar. maap jack daku jadi sok tau hahahaha……. jadi ngomong susah gini. soalnya posting jack pas banget ama masalah jee sekarang :D

    salam semangat dan senyum ! :)

  2. Betul banget, bro. Mau jadi dewasa atau tetap jadi anak-anak merupakan pilihan sadar kita, gak bisa dipaksain.
    Ini kunjungan perdana, belum banyak jalan-jalan dan baca-baca. Semoga kunjungan ini jadi silaturahmi. Ditunggu kunjungan baliknya. Salam

  3. nonaalting Says:

    halo halo
    tukeran link yuk..,
    salam kenal yak ^^

  4. Dewasa?

    Apa bedanya adult dengan mature?*

    *Jadi inget situs xxx, hahahahaa

  5. Klo ngomongin masalah kedewasaan,, tse’ jadi punya pertanyaan yang mesti dibantu untuk dijawab.. Gini, saat seseorang menganggap kita dewasa banget,, dan pingin belajar lebih dewasa dari diri kita,, tapi kita sendiri ga’ merasa bahwa diri kita dewasa.. Nah,,lho.. Lumrah atau???
    Tanggapin ya!!!

  6. Sutan Rajo di Langik Says:

    @yantse” : Bingung juga sih, kaena sebenarnya ga ada parameter pasti kedewasaan itu. Nah, orang itu ngeliatnya dari apa dulu, dan kita ngerasa kita blm dewasa dari sudut pandang yang mana dulu nih??

  7. tua belum tentu berfikir dewasa namun bijaksana udah pasti berfikir dewasa

  8. berfikir dewasa adl dy yg mampu melihat banyak dari sedikit
    dy yg mampu melihat sesuatu dari segala sudut pandang
    dy yg brfikir sebelum bertindak

  9. dewasa kalau menurut aku, yaitu bertindak bijaksana, tidak gegabah dan dengan pertimbangan yang matang. Dewasa tidak egois, mampu menempatkan diri pada situasi apapun. Pada intinya kedewasaan menjadi hal yang paling dibutuhkan untuk menyikapi segala sesuatu dalam hidup. Kedewasaan juga tidak tergantung dari umur.

  10. Qu pux pprtanyaan nieee,,,
    qu tuh sering memikirkan sesuatu yg mnurut qu tdk mungkin,,,, tpi mnurut orang lain ini bs trjadi,,,, apakh ini hanya pengaruh dari pola pikir sndiri ato memang apa yng qu pikirin ini bner jadinya,,,,????

    • Sutan Rajo di Langik Says:

      kalau kata orang bijak mah…

      kalau kamu berpikir kamu bisa, maka kamu bisa…
      tapi kalau kamu berpikir kamu tidak bisa, maka kamu tidak akan pernah bisa

      itu kekuatan sugesti pikiran……

      • .gabung yo…………
        .apa sich dewasa itu ?
        .ada yg blang lok orang dewasa itu tdak egois, bener gag tuch?
        .aq skarang ma diriku sndiri, aq udah dewasa pa blom ea?, itu pertaxaan dlam fkiran.Q kpada.Q………………….

  11. jangan pernah berpikir ataupun berkata ” saya tidak bisa”.

  12. gu mslh dg kdwsaan
    gu d tuntun brfkr dwsa sama org yg gu syg
    gmn cra’a ???

  13. mahdan yakub Says:

    ikut dunkzzzz

  14. Mnurut Sy sie dewasa itu ia Manpu mNempatkan situasi, dan dia Manpu Menbdakan mN yang bAIK & bURUK n’ dpat bertanggu jawab ats pa yG dilakukanX.

  15. dewasa, gmna ya cra ngrubah diri kita menjadi lebih dewasa??

  16. Dwasa adlh dmna dya bsa mnemptkan yg baik n buruk pda tempatnya msing2… jngan di tuker..

    nah disitu dilihat tingkat kedewasaannya… apakah dya bertanggung jawab atas pa yg tlah dilakukannya pa gx….

    kmdian pakah dya egois tw tidak dalam menyikapi sgala inputan dri luar…

    maksudnya menerima pa gx….
    nah dilihat dwasanya disitu..

    pa dia bisa memfilter/memisahkan.. mana yg baik bwat dia n mana yg buruk bwat dia…

    so lakukan pa yg menurut U itu baik.. tinggalkan yg menurut U itu buruk..

    tanggung jawabkan akibat pa yg tlah U lakukan.. n bantu pa yg harus U bantu ntuk rang lain..

    Slanjutnya … biar rang lain yg menilai U pakah DEWASA Tw KEKANAK-KANAKAN…..

  17. amengputra Says:

    Dewasa itu adalah apa yang anda pikirkan,,, sejauh mana penerapannya,,, dan bagaimana hasilnya…????

  18. sikap kedewasaan itu tidak di bentuk oleh umur nya, melainkan dari cara hidup seseorang itu sendiri, jika orang itu hidup dalam sebuah yg penuh dengan masalah maka peluang orang tersebut untuk lebih dewasa bisa lebih terlihat,…inget kehidupan itu yang membentuk sikap kedewasaan seseorang,..

  19. biasanya berfikir dewasa itu disebabkan atas masalah-maslah yang tlah teratasi. itu sebuah pengalaman, bagaimani seseorang bisa mengatasi masalah dengan cara berfikir, dan bukan cuma satu kali, dengan demikian ia bisa membuka fikirannya menjadi lebih luas.

  20. wah aku malah belum tw caranya gimana biar jadi dewasa

    • RASA MALU, RASA BERSALAH, RASA CINTA , INGIN DEWASA, DLL

      – SULIT & MUDAH
      – JERNIH & KERUH
      – AMAN & TAKUT
      – GEMBIRA & SEDIH
      – SUSAH & SENANG SERTA TENANG
      – TAWA & TANGIS SERTA TERKEJUT
      – SUKSES & GAGAL
      – SEHAT & SAKIT
      – SEMANGAT & MALAS
      ……..
      SALAM PERJUANGAN FOR ALL …..
      +++
      “”BIMBANG BUKAN SIFAT ORANG SUKSES “”=

      …………._____@@@@###*****^_^%%^_^
      ALLAH memberikan mata UNTUK melihat bukan UNTUK maksiat
      ….
      ALLAH memberikan HATI sebagai RaSA bukan untuk DISIKSA ….

  21. “Ciptakan Kebahagiaan Serta Kesuksesan dalam hidup ”…

    @@Ganti Kata-Kata “(SAYA TIDAK BISA)” Menjadi ……….“(SAYA BELUM BISA)”

    ____________
    -@@ Ganti Kata-Kata “ANDAIKAN SAYA” Menjadi……….“KETIKA SAYA”

    ______________
    – @@Ganti Kata-Kata “SAYA AKAN MENCOBANYA” Menjadi ……….“SAYA AKAN MELAKUKANNYA” _______________

    @@@@ Ganti Kata-Kata “INI AKAN JADI MASALAH” Menjadi………. “INI AKAN JADI TANTANGAN” __________

    -@@Ganti Kata-Kata “SAYA TIDAK TAHU” Menjadi…………. “SAYA AKAN TAHU”
    _________

    dlll…..
    —————-
    KITA RAIH SUKSES ITU DENGAN SEMANGAT..

    BE A MOESLIM STRONGER

    became a powerful Muslim

    • dewasa itu seperti ap sih…..
      wee pusing, terkadang anak kecil, bisa berpikir lebih dewasa dari pada orang yang seharusnya sudah di bilang dewasa….. ? ?

      • sutanrajodilangik Says:

        dewasa itu selbih ke cara berpikir. mampu mengambil keputusan dengan bijak, mampu membedakan yang salah dan benar, dan mampu memikul tanggung jawab. IMHO…

  22. Anti Galau…

    […]Berpikir Dewasa « Menoelis soeka-soeka[…]…

  23. kalo kita egois tu trmsuk yg dewasa pa blom ya??
    apa egois tu cuma sifat doank???

  24. Blajr dn trus Bljar

    D Stu Ad kmauan
    psty ad jlan

  25. bner bgt tu @yuda says

  26. Bsa bntu sya gag ,,gmn cranya kt bs brfkir dwsa ..trkdg umur ud smkn meningkt ,tp tgkh n cra brfkir msh sepert keknak knakan .

    • gimana ya? agak susah juga sih kalau nanya bagaimana supaya kita bisa berpikir/bertindak dewasa. harusnya semakin banyak yg kita alami, pahit manisnya hidup, semakin dewasa lah kita. idealnya ya..

  27. klw menurut aku.. dewasa itu ada pada diri kita sendiri.. jd tinggal kita ubah aja.
    okey.

  28. chamida aiesha akasma Says:

    bnyak seseorang….
    bilang kalau dewasa itu….menyingkapi permasalahan secara dewasa..bijak….
    tapi saya kurang mngerti…
    bisa mnta dijelaskan…..arti kedewasaan..??

  29. dewasa ya, mampu melawan rasa sakit dalam hati .

  30. anak muda zaman skarang gmana bisa berfikir dewasa yang positif,kalau banyak contoh yang negatif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,989 other followers

%d bloggers like this: