Nasi Goreng Mentega + Rempah

Nah, emaren kan nasi goreng padang, sekarang gw coba ngasih resep baru. Sebenarnya caranya sama saja dengan bikin nasi goreng biasa, cuma bedanya ga pake cabe, ga pake kecap.


Bahan2 nyang dibutuhin:

  • Mentega untuk menumis
  • Nasi putih  (2 porsi aja)
  • Bawang merah (3 siung)
  • bawang putih (1 siung)
  • Bawang bombay (seperempat saja )
  • Telor ayam
  • Merica,
  • kaldu bubuk, atau penyedap rasa

Cara ngebikin:

sama aja sih kayak bikin nasi goreng biasa

- Panasin mentega, tumis bawang merah, bawang putih

- masukkan telor, aduk rata,

- masukkan bawang bombay yang telah diiris tipis, tambahkan merica, kaldu, dan rempah2 lain sesuai selera

- jika suka, bisa ditambahkan udang, irisan ayam yang telah direbus (ayam goreng sisa semalam juga ga papa), sosis, de el el

- masukkan nasi, aduk hingga merata

- siap dihidangkan. Jika suka, hidangkan degan saos botolan

- oh iya lupa, jika ingin sedikit pedas, tambahkan cabe rawit yang telah dipotong-potong ketika menumis, akan menambah aroma nasi gorengnya

selamat mencoba

(sebenarnya resep ini karangan sendiri, soalnya waktu itu lagi ga ada cabe giling pas gw coba, rasanya  lumayan kok…)

13 Responses to “Nasi Goreng Mentega + Rempah”

  1. Da, pesanan wak patang ma nyo? Kok alun sampai2 juo ka kosan? Ha, kini lah ado lo resep baru. Ya udah. Yang patang batal. Ganti jo yang iko. Talua tetap dadar. Ga usah antar ke kosan. Antar ke Lab Rekayasa Perangkat Lunak Teknik Informatika ITB aja. Labtek V lt. 4.

  2. wah mas,ini resep baru ya?
    pesen satu piring ya,tapi agak pedes

    btw,mudah2an taun depan kami ada pameran kuliner
    mas mau ngisi stand nya ga?
    itung2 promosi juga mas
    yg taun ini aja sukses lho
    ketuanya itu,mmmm siapa ya namanya,saya juga lupa

    tapi mas mau kan?

    eh jangan lupa nasi goreng mentega rempah nya di meja 5
    :D

  3. Sutan Rajo di Langik Says:

    @evan:nama ketuanya “DARMA”, slah satu orang ganteng…
    tau ga ketua Hari H nya…
    itu tuh… si kacamata mencolok… :P
    dasar orang2 sakit…..

  4. Wakakakakak…

    Eh, salah urang kayanyo lah. Yang wak tau, ketua pameran kuliner patang tu ndak ganteng doh. Lah gaek malah, haha…

    Kalau ketua Hari H, yo mencolok surang se warna kacamatanya. Ntah dek a…

    Gyahahaha…

  5. Wah, resep buatan sendiri.. Hebat-hebat.. Tapi ada yang ketinggalan tuh.. Ayam yang kemarin belum nyampe… Mungkin ayamnya nyasar, atau masih ketinggalan di Cipularang…

    Kalau situ ketua pameran kuliner.. Kenalkan, saya ketua pameran KuliNerd.. Haha… Anggotanya baru Reisha aja tuh…

  6. Sutan Rajo di Langik Says:

    @ibun: ga kok, itu kebetulan aja ketemunya… eksperimen… :D ayamnya ga ada, diganti ama sapi aja mau?

  7. Ah, sapi mah ga mau.. Tapi kalo kecoa mau deh… Seketemunya aja kan? Di kamar gw banyak tuh.. Hoho..

  8. Sutan Rajo di Langik Says:

    ih…
    ga ah

    maunya sapi panggang aja…. :P

  9. selamat datang di kuis Anda Bego
    sang Juara bertahan,Darma Eka sedang menghadapi penantang-penantangnya…

    ckckckck
    apakah jam bego ukm sudah merambah ke dunia web?

    turut prihatin

    hahahahahahaha

  10. Kalau Evan turut prihatin, wak turut berduka cita se lah, haha…

  11. incekrajo Says:

    tambuah ciek da…

    pingin berbagi juga nih…
    dengan sesama pecinta masak-memasak…

    AYAM EDAN CIKUNGUNYA…

    BAHAN ;

    1. Ayam edan satu ekor
    2. Kentang 3 biji
    3. Cabe merah secukupya
    4. Cabe hijau juga secukupnya
    5. Bawang merah 3 siung
    6. Bawang putih 1/2 siung
    7. Kunyit secukupnya
    8. Lengkuas juga secukupnya
    9. Daun ruku-ruku lagi-lagi secukupnya
    10. Kecap manis 2 sendok makan
    11. Mentega 5 sendok makan
    12. Daun seledri dan bawang bombay sedikit
    13. Minyak goreng
    14. Air

    CARA PENGERJAAN/ CARA BUATNYA ;

    1. Setelah ayamnya dibersihin dan dicuci, ayam edan direbus dengan suhu yang tidak terlalu tinggi.

    2. Selagi menunggu ayam, giling bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas serta cabe hijau sampai lumat dan beri sedikit air. bagi menjadi dua bagian yang terpisah.

    3. Setelah dicuci dan dibersikan kulit kentang, iris menjadi beberapa bagian yang tidak terlalu kecil agar tidak hancur ketika memasaknya nanti lalu rendam dalam air biasa.

    4. Angkat ayam dari rebusannya dan tiriskan, lalu masukkan ke dalam satu bagian bumbu yang telah dibuat sebelumnya.

    5. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng sedikit

    6. Setelah bumbunya cukup meresap, masukkan bersama mentega kedalam wajan yang sudah dipanasi minyaknya.

    7. masukkan kentang dan masukkan pula irisan cabe merah tidak lupa memasukkan daun ruku-ruku.

    8. tambahkan bumbu yang terpisah tadi serta kecap manis, daun seledri dan bawang bombay juga ditambahkan, dan tambahkan pula sedikit saja air, kalau airnya berlebih akan menimbulkan efek yang berbeda dan akan gagal.

    9. panaskan dalam api yang tidak terlalu besar.

    9. setelah hampir berwarna kecoklatan, angkat dan pindahkan ke piring.

    10. sebagai hiasan dapat menggunakan salada dan ketimun ditambah hiasan saus tomat di atasnya….mmmmm mak nyus

    SELAMAT MENCOBA
    SEMOGA BERMANFAAT

  12. Sutan Rajo di Langik Says:

    @incek rajo: mending ayam dan bumbu langsung direbus, hasilnya akan lebih baik dan lebih meresap….. jangan ditambah air, karena akan bikin becek dan terlalu empuk… kayaknya lebih bagus ditumis saja…. ah, kpn2 klw smpat dicoba lah…

  13. waduhh, kenapa saya baca artikel ini…?

    jadi laper lagi nih :malu:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,984 other followers

%d bloggers like this: