Anyang (urap) Daun Pepaya

Tau kan dengan urap?? Klw di daerah gw, namanya anyang. Bisa pake daun singkong, atau daun pepaya rebus. Mau nambah tauge juga boleh. Kalau pakai daun pepaya, makan citarasanya akan semakin nikmat. Gabungan antara pahit daun pepaya, pedasnya cabe, dan kecutnya jeruk nipis benar-benar mengundang selera makan.

Bahan2:

1. Daun pepaya (lebih bagus klw pucuk2nya saja), dan bunga pepaya jantan.

2. Cabe merah

3. Bawang merah

4. Kelapa parut

5. Jeruk nipis

Cara ngebikin:

1. Rebus daun pepaya hingga empuk. Kalau ga terlalu suka pahit, merebus daun pepaya sertai dengan daun kedondong. Tambahkan sedikit garam

2. Kelapa parut disangrai hingga kering kecoklatan dengan api kecil. Harus selalu diaduk, biar ga gosong sebelah.

3. Cabe merah, dan bawang merah, biar lebih afdhol, direbus juga. Lalu digiling ampe bener2 halus. Lalu tambahkan air perasan jeruk nipis. Jeruk nipisnya agak banyak aja, biar pedes dan asamnya pas.

4. Lalu giling juga kelapa parut dan cabe giling tadi, hingga agak halus.

5. Setelah itu, aduk dengan daun pepaya rebus tadi, hingga merata. Sajikan.

6. Kalau mau agak bersantan, panaskan santan kental, masukkan kelapa parut yang udah digiling dengan cabe, tunggu mendidih, dan masukkan daun pepaya rebus tadi. Ga usah terlalu lama masaknya, langsung sajikan saja dengan nasi dan lauk.

Selamat menikmati.

2 thoughts on “Anyang (urap) Daun Pepaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s