Sejarah

Sejarah (History). Sejarah pada umumnya selalu merujuk pada lelaki. Makanya jadi His Story. Walaupun tidak dipungkiri banyak juga kaum wanita yang menorehkan tinta emas di album kehidupan dunia.

Kata orang-orang bijak, sejarah itu seperti kaca spion, hanya dilihat sekilas. Analoginya gini, kalau kita lagi mengendarai mobil atau motor, trus terlalu lama melihat kaca spion, pasti kita akan melupakan jalan yang ada di depan. Bukannya nyampe di tujuan, yng ada malahan tabrakan.

Itulah yang umumnya terjadi pada pemuda sekarang. Kita kadang terlalu terbuai romantika kisah-kisah orang-orang hebat di jaman dahulu. Kita dahulu punya M. Hatta, Agus Salim, Buya Hamka, Soekarno, dan lainnya yang terkenal seantero dunia. Itu yang selalu kita bangga-banggakan. Nah, itulah masalahnya.

Kisah hidup mereka hanya jadi cerita pengantar tidur saja. Idealnya, kita jadikan teladan, dan memacu kita untuk menjadi orang yang akan tertulis dengan tinta emas di album peradaban. Kadang kita terlalu terbuai dengan segala kemudahan-kemudahan yang ada sekarang. Sehingga kita menjadi generasi yang instan, inginnya dalam sekejap bisa mendapatkan apa yang kita harapkan. Lihat, banyaknya pemalsuan ijazah, korupsi, calo, de el el. Kalau teman saya bilang, kita jadi lembek kayak singkong. (Lho, singkong kan keras.. Iya, tapi singkong rebus kan lembek).

Andai saja gw mempunyai seratus orang pemuda yang seperti pendahulu-pendahulu kita. Insya 4WI, Indonesia akan jadi negara Adidaya.. Mudah-mudahan ada….

4 thoughts on “Sejarah

  1. <blockquote<Walaupun tidak dipungkiri banyak juga kaum wanita yang menorehkan tinta emas di album kehidupan dunia.

    bener ka …
    wanita minang banyak yang mengukir sejarah : pendiri surat kabar wanita pertama, menteri wanita pertama, syaikhah indonesia pertama … tapi lebih sering terlupakan

  2. hari ini juga akan jadi sejarah. para2 koruptor, tukang tipu dan lain2 juga akan jadi sejarah. sejarah kelam. dan semoga memang jadi sejarah. karena kalo g jadi2 sejarah, sampai kiamat negara ini dikerubungi kenyaatan yang jelek hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s