ITB Saat Ini

Wel, udah lama juga gw ga nulis lagi. Yah, bukannya ga sempat sih, tapi emang lagi ga ada ide aja untuk nulis… beberapa waktu lalu ada beberapa even yang terjadi. Mulai dari Pemilu Raya KM-ITB, Pemilu Legislatif RI, Ganesha Harmonic, Ganesha Music Event, de el el.

Hmm, dimulai dari Ganesha Harmonic aja ya. Idenya bagus sih, rangkaian acara dengan Lomba Foto, Seminar tentang pengaruh musik dalam dunia fashion, Lomba cipta dan aransemen lagu kampus, dan konser. Sampai hari Jumat, keberjalanan acara bisa dibilang masih lancar, hingga persiapan untuk konser. Pas persiapan untuk konser, baru nampak ada masalah2, mulai dari persiapan logistik, artistik, de el el. Dan pas hari-H, kejadian deh, setelah tiba-tiba hujan lebat pada siangnya, rundown mulai berantakan, banyak terjadi pertukaran jadwal yang tidak memuaskan band pengisi acara. Bahkan acara molor hingga jam 1 malem.

Bisa dibilang acara ini jauh dari sempurna, lumayan banyak kekurangan-kekurangannya. Mungkin karena kurangnya bimbingan dari orang yang pernah mengadakan konser band, sehingga banyak hal-hal yang terlupakan. Tapi yang diharapkan adalah kritik-kritik yang membangun, bukan cacian dan makian karena acaranya jelek, tidak memuaskan, atau apapun tanggapan dari yang ikut, yang nonton. Setidaknya berikan apresiasi kepada teman-teman panitia yang udah banting tulang peras keringat mengadakan acara ini. tapi teman-teman panitia pun juga harus berbesar hati menerima kritikan dan celaan. “Walau nasihat, kritik datang dengan cara yang tidak bijak, sikapi dengan bijaksana”.

Berikutnya GME aja ya, acara yang diadain ama APRES. Gw ga ngikutin secara penuh sih, karena bentrok ama Hearing Calon Ketua UKM ITB. Tapi gw dateng pas Efek Rumah Kaca nampil. Animo massa kampus cukup besar, walau saat itu lagi long weekend, bahkan katanya non-ITB juga banyak yang nonton. Well, keknya sukses lah ya…

Next, Pemilu Legislatif RI. Ini juga lumayan ga betul. Cerita2 yang gw denger dari temen2 gw yang jadi saksi, katanya parah banget lah. baik itu penguasaan akan peraturan2 Pemilu oleh petugas TPS yang rendah, saksi yang kayaknya asal comot, dan DPT yang bermasalah. Gw denger2, puluhan ribu mungkin suara mahasiswa rantau yang tidak tersalurkan. Dan juga, hasil Pemilu ini membawa efek negatif bagi caleg yang ga terpilih. Ada yang gila, bahkan ada juga yang bunuh diri karena depresi dan dililit utang. Ckckckckckck. Apakah anggota legislatif sekarang udah kompeten?? Next issue adalah PilPres nih. Tunggu aja gimana suhu poitik Indonesia.

Last, Pemira KM ITB. Pemilu yang penuh kontroversi, perdebatan, dan masalah-masalah. 3 kali pengulangan pengambilan formulir, lalu saling menyalahkan, bahkan penuh konflik. Presdiden dan MWA wakil mahasiswa terpilih adalah Ucup dan Benny. Gw juga ga tahu apakah hasil Pemira ini bisa memuaskan semua pihak, bahkan keterlibatan massa kampus hanya 50,78%, lebih rendah 0,02% dari tahun lalu. Ga tahu jga, apakah ini dianggap cukup mewakili aspirasi massa kampus, atau emang massa kampus udah mulai masa bodoh dengan hal-hal yang kayak gini. Apalagi ada banyak isu yang berkembang setahun ini, mulai dari Pemilihan Rektor ITB, PilPres RI, masalah Baksil yang masih belum beres, Kaderisasi di ITB, terkait juga dengan INKM, KadWil, dan Kaderisasi Jurusan/Himpunan, BHP, AD/ART ITB, de el el. Kalau gw ga salah, Unit2 SenBud udah sepakat untuk mau ngadai PSB kembali tahun ini, atau awal tahun 2010.

Well, kita lihat saja Kampus ini setahun ke depan.

Eh, tulisan-tulisan di atas kalau misalnya opini gw, dan fakta yang gw angkat ternyata berbeda dengan fakta yang sebenarnya, maaf ya, dan tolong kasih tahu, biar nanti gw ga dianggap menyebarkan pitnah.

One thought on “ITB Saat Ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s