Masa TK-SD

Well, kembali lagi di cerita tentang aku dan orang-orang di sekitarku. Tapi kali ini gw akan sedikit bercerita tentang masa TK-SD gw.

Keluarga gw pindah ke Kota Padang akhir 1989, ke Air Tawar, Padang. Waktu itu Nyokap masih buka usaha Rumah Makan “Nasi Kapau Ni Lis”. Tahun 1990 pindah ke Ulak Karang, dan tahun ’92 gw masuk TK. Karena waktu itu bisnis nyokap lagi bagus-bagusnya, Alhamdulillah gw dimasukkan ke TK Baiturrahmah, sebuah TK Swasta yang cukup terkenal (saat itu) di Kota Padang. Cukup setahun saja (ga kayak abang gw, TK-nya 3 tahun, beneran lho) dan waktu itu gw udah mulai bisa dan agak lancar membaca. Bacaan favorit adalah Koran, dan kadang-kadang suka nanya ama Bokap, Kakak, Nyokap, atau Pelanggan di warung nyokap (yang kebanyakan Mahasiswa Unand dan Bung Hatta) tentang istilah-istilah yang gw nggak ngerti. Kebayang ga tiba-tiba ada seorang anak TK nanya ke loe kek gini “Bang, diperkosa itu artinya apa?” Bingung juga kan loe ngejawabnya, nah kek gitu juga orang-orang di sekitar gw waktu itu. Masa TK gw ga terlalu banyak yang bisa gw inget lagi, udah 17 tahun yang lalu.๐Ÿ˜ฆ

Lanjut ke masa SD, disekolahkan ke SD Baiturrahmah, di Daerah Jl. Damar 1 deket Pantai Padang. Sekolah Swasta yang mempunyai fasilitas bis antar-jemput, PR tiap hari, dengan gedung 3 lantainya. SD ini punya lapangan yang cukup luas untuk mata pelajaran olahraga. Dan olahraga kami waktu itu cuma satu yaitu Kasti. Bahkan, jam istirahat pun digunakan untuk main kasti di koridor sekolah dengan bola kertas yang digulung-dibulatkan.

Entah kenapa selama di SD hampir selalu jadi ketua kelas. Dan sialnya, rasanya gw jadi ketua kelas yang arogan, dan mungkin dibenci teman-teman. Hmm, kek gini, tiba-tiba loe dikasih kekuasaan, dan loe jadi semena-mena. Hmm, ga semena-mena juga sih sebenarnya, lebih tepatnya over acting, ada yg ribut sedikit aja, dimarahin, dicatat namanya untuk diadukan ke Guru.

oh ya, semenjak kelas 4 SD (atau kelas 5 SD ya) gw selalu ditunjuk jadi Pemimpin Upacara Bendera di Sekolah. Tapi ga tiap minggu. SD gw itu, terbagi atas 4 SD, SD BR I sampai SD BR IV. Nah, gw kebagian jadi pemimpin Upacara kalau yg jadi penyelenggaranya adalah SD BR II atau IV, soalnya guru Olahraganya sama.๐Ÿ˜€. Mungkin temen2 SD gw kalau masih inget, ada seorang anak dengan muka sok2an (walau lucu dan imut) jalan kayak robot jadi pemimpin upacara Bendera.

Kelas 5 SD, diikutkan lomba Murid Teladan tingkat Kecamatan dan syukurnya ga Lolos, gagal di Final. Lalu kelas 6 Sd diikutkan (Lagi) lomba bidang Studi IPA dan entah kenapa bisa sampai ke Tingkat Nasional di Jakarta. Lumayan lah, ke jakarta gratis, main ke TMII, Monas, pertama kali ke luar kota nggak sama Ortu, pertama kali ke Pulau Jawa, pertama kali makan di Warteg.

Selama di SD Baiturrahmah, orang-orang yang masih gw inget dengan jelas

1. Billy Hernando. Anak Pindahan dari Bandung (iya ga sih bil?). Dulu rumahnya sih ga jauh amat dari rumah gw di Ulak Karang, dia sempat main ke rumah bikin PR bareng. Trus gw pindah rumah, dan dia juga pindah ke kota yang lain (loe pindah kelas berapa bil?). Sekarang kalau ga salah nyasar di Ambon.

2. Elka Fazar. Teman main Julo-julo. hahaha, pindah ketika kelas 5 SD (kemana coba??). Sekarang kuliah di Jakarta dan tinggal di Bogor. Sempat lupa wajah, tapi pas ketemu di FB akhirnya inget lagi. hahaha..

3. Gebbi Handayani Z. Kata Nyokap gw sih, kita berdua itu satu kampung, sama-sama orang Kapau (iya gitu geb?). Tapi rasanya dulu waktu SD ga akur-akur amat ya geb??

4. Rifandi Fardian F dan M. Guruh Dion. Nah kalau yang ini temen pulang bareng ke Siteba. Si guguk (Dion) yang suka gagap klw ngomong (namanya Dion Gagap aja kali ya), Si Rifandi (gw ingetnya manggil dia dulu kek gitu), suka ngajakin main ke rumah.

5. Rachma Diana P, Regina Anwar, Putri Intan Sari, Widya Alfatama, Cintya Utami P, kalau yang ini mah ingetnya karena tiba-tiba (kok tiba-tiba sih) pas SMA ketemu lagi, satu SMA soalnya. Nah, dulu kan masih ada sistem Rayon, dan rayon SD gw itu adalah SMP 2, tapi gw coba daftar masuk SMP 1, eh keterima.๐Ÿ˜€

6. Oh ya, Nicky M Zahab, yg kakaknya jadi kk kelas gw di SMP 1. Di rumahnya pertama kali gw mengenal komputer, masih green screen klw ga salah dulu. hahaha.

7. Delia Annisa, dulu waktu di Ulak Karang, rumahnya deketan ama rumah gw. Dan kakak2 gw seneng banget ceng-cengin gw ama dia, dijodoh-jodohin gitu. hahahaha.

8. Sonya Monica, M. Hidayat, Leony Wesvalia. klw ini sih ga mungkin ga inget, lha wong SD, SMP (sekelas 3 tahun), dan SMA nya sama. Kita masing-masing mewakili tiap-tiap SD, Dayat SD 1, Sonya SD 2, Leon SD 3, Gw SD 4 yang masuk ke SMP 1.

9. Ophy Quamilla, si pembaca UUD 1945 yang kelas 5 atau 6 ya doyan banget jodoh-jodohin gw ama leon.

10. Sarika, si anak yang malang yang selalu jadi sasaran Bully-bully anak2 kelas. Entah apa salahnya, entah apa dosanya, hingga akhirnya dia pindah sekolah. Sampai sekarang gw ga tau dia ada dimana, entah masih hidup atau nggak. Merasa bersalah euy ama dia, gw ngerasa juga ikut ngebully dia.

11. Bu Mis. Wali kelas waktu kelas 6. Anak-anak kalau reunian (anak VI d2) masih suka main ke rumah buk mis ini.

12. Pak Ardi. Guru agama yang agak sedikit cabul. hehehehe…

13. Putri Maretta. Anak kelas sebelah, incaran si Surya Edo S (Godok), dan gw juga sempat suka sih. Sekarang katanya lagi going abroad, kuliah keknya.

Nah, kalau tadi kita ngebahas SD gw, sekarang rumah dan tempat ngaji. Dari 90-96 (sampai gw kelas 4 SD ) tinggal di Ulak Karang. Dan gw ngaji di TPA/TPSA Al-Azhar Air Tawar. Termasuk telat masuk ngaji, di kelas 4 SD tapi bisa mengejar ketertinggalan dan khatam Iqra’ kurang dari 3 bulan.

Kelas 4 pindah ke Bandar Buat, melanjutkan Ngaji di Masji Nurul Ilmi dan hampir saja dididik jadi Hafidz. Cuma karena gw nya cepet bosen, dan lalu pindah rumah lagi, ga dilanjutkan lagi. Disini gw mulai akrab ama temen-temen ngaji, soalnya kan deket rumah, jadi pulang ngaji bisa main dulu ama temen-temen. Oh ya, disini kenal ama Donna, anak SD 3 ternyata dia, satu ngaji ama gw.

Kelas 5 pindah lagi ke Gunung Pangilun. Ngaji di Masjid Al-Ikhlas. Disini gw ngajinya udah kelas 3 (atau kls 4?), karena (Alhamdulillah) sudah lancar membaca Al-Quran dengan Tajwid yang benar. Habis ngaji main bola bareng, manjat pohon Jambu Biji. Nah, di TPA yang ini, sekali sebulan kita selalu Jogging ke Tepi Pantai. Jadi Jadwal Didikan Subuh, diganti dengan Jogging Bareng. Siapa ya, yang gw ingat di sini. Hmm, si Caul, Wulan, Yulia, Nanang, Ridho, siapa lagi yaa??

Kelas 6 pindah lagi ke Siteba, dan udah ga ngaji lagi. Alasannya sih mau fokus ke EBTANAS. Hahaha, padahal mungkin sebenarnya males. Kalau diterusin mungkin gw bisa ikutan perayaan Khatam Quran.

Ah, udahlah. Udah kepanjangan cerita masa TK-SD gw. Suatu saat akan gw lanjutkan dengan cerita masa SMP-SMA.

Buat temen-temen gw yang ngerasa namanya tersebut dan ada kesalahan penulisan nama, mohon maaf ya, ga ada maksud lho. Dan kalau punya link FB temen-temen SD yang gw kenal, mohon di kasih tahu, biar bisa menyambung lagi tali Silaturrahim.

16 thoughts on “Masa TK-SD

  1. hehe…ketua kelas yang cerdas ,baik dan galak…
    itu yg tergambar ttg lu waktu SD..
    sekarang kek gimana ya?..
    sukses buat kul nya yah…cmangat ka…

  2. Wow,, abak msh inget se mah zaman2 SD dulu๐Ÿ˜€
    Anyway,, two thumbs up for U.

    Keep writing and posting it: n_n

    Msh d Bdg, atau alah hijrah k kota lain?

  3. pas lagi iseng2 ngetik di googel mencari kepingan cerita masa lalu waktu di sd baiturahmah, nemu ni catatan..jd keingat waktu sd lagi..saya dulu SD 1 bareng m.hidayat.ingat juga ama putri mareta..wah, kangen bgt mengingat masa2 hrs sholat dzuhur bareng, naik mobil antar jemput wrn kuning, baju olah raga, baju muslim dan roknya bawahan batik…terima kasih untuk ceritanya….

    • sekelas ama putri maretta? bukannya ntar kelas putri maretta pindah ke SD IV ya.. kan sebelahan kelasnya ama kelasku.. VI d2 aku nya…

  4. Bro,yg komando upacara itu ya ?
    thanks cerita masa lalunya sob, mengingatkan kembali akan indahnya masa masa SD, main kasti,bca buku di gm sebelum les tambahan..akakak

    sy sd 1 , sekalian nitip salam ma tmn2 sd Two Trisno, Rahmad Hanafi Aziz, Adi Pratama, Rahmat Arafah, Iga Chariyah, M Irsyad, Pito, avi, dll

  5. salam kenal senior. saya anak baiturrahmah juga. tk d baiturrahmah. sd di baiturrahmah 2. tapi saya cuma sampai kelas 3 aja. naik ke kelas 4 saya dipindahin ke sekolah negri ama ortu. saya masuk tk baiturrahmah tahun 1994

  6. Pingback: Aku, Sekolahku dan Makna Sekolah | Menoelis soeka-soeka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s