Jalan Jihad Sang Dokter, a true story

Judul buku: Jalan Jihad Sang Dokter, a true story
Penulis: dr. Joserizal Jurnalis & Rita T. Budiarti
Penerbit: Qanita
Tahun: Juli 2011
Tebal: 332 halaman

Di masa modern saat individualistis sangat kental, tidak banyak orang-orang yang rela berbagi dan berbuat kebaikan untuk orang lain khususnya di kota besar. Contoh gampang bisa kita lihat di dalam bus, jarang sekali kita dapatkan ada orang yang mau berdiri memberikan tempat duduknya untuk orang tua, wanita dan ibu hamil.
Tapi sebenarnya masih ada orang-orang yang masih mau berbuat untuk orang lain. Bahkan kadang kita menyebutnya nekat, menceburkan diri ke dalam bahaya untuk memberikan bantuan bagi orang lain.
“Sebenarnya para korban tidak membutuhkan dirinya. Allah bisa mengirimkan dokter mana saja untuk membantu mereka. Dialah yang mebutuhkan mereka. Dia butuh disini, karena itu Allah mengirimnya ke Ambon” (hal : 56) salah satu kutipan dalam buku dr. Joserizal ini menggambarkan keikhlasan dan kerendah hatian seorang relawan. Dengan membantu orang lain maka kita akan belajar untuk bersyukur atas semua nikmat yang Allah limpahkan kepada kita.
Buku “Jalan Jihad Sang Dokter” ini menggambarkan perjalanan dr. Joserizal selama menjadi relawan baik ketika konflik Ambon maupun krisis Palestina. Kisah hidup beliau ditulis sedemikian rupa sehingga kita merasa sedang membaca sebuah novel. Alur penceritaanpun dibuat melompat-lompat tapi tetap berhubungan sehingga tidak menimbulkan kebosanan ketika membaca. Penggambaran peristiwa dan lokasi sangat kuat sehingga kita seakan-akan bisa melihat kondisi di daerah konflik dengan jelas dan nyata.
Dalam buku ini pembaca bisa belajar ilmu ikhlas dalam membantu orang lain. Selain itu mengajak pembaca untuk yakin bahwa pertolongan Allah akan selalu datang untuk hamba-Nya yang membutuhkan. Percayalah bahwa niat baik insya Allah akan diridhoi-Nya.
Buku ini mengingatkan kita bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya. Sangat dianjurkan untuk dibaca orang-orang yang bergerak di bidang sosial/kerelawanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s