Bermain dengan Alam

Saya kebetulan dianugerahi kesenangan untuk bermain di alam terbuka. Senang berada diantara hijaunya rimbun pepohonan, senang mendengarkan simfoni binatang malam di puncak gunung, menikmati paduan suara ombak berdebur riang berkejaran, dibelai gemericik air sungai yang jernih.

Salah satu hal yang saya pahami, bermain di alam, mendaki gunung, mengarungi sungai bukanlah untuk kebanggaan diri. Saya bukanlah menaklukkan tingginya gunung, menaklukkan derasnya sungai, tapi sebenarnya adalah berdamai dengan mereka. Alam ini terlalu tangguh untuk ditaklukkan.

Untuk apa jauh-jauh mendaki gunung di seberang pulau, kalau gunung di sekitarmu belum kau sentuh, belum kau rayu? Untuk apa jauh-jauh, kalau dirimu belum berdamai dengan Alam?

Pengalamanan saya bermain di alam terbuka memang masih sedikit, sangat sedikit. Yang saya pelajari, sangat jauh berbeda perlakuan orang-orang yang sering bermain di alam dengan orang yang baru berkenalan dengan alam.

Saya belajar bahwa mereka yang berpengalaman di alam itu lebih rendah hati, tak takkabur karena alam jauh lebih kuat dari mereka. Bagi mereka alam seperti halaman belakang rumah mereka yang mereka jaga keasrian, kebersihannya.

Saya diajari bahwa meremehkan alam hanya akan membawa celaka. Bersahabat dengan alam, maka ia akan memberikanmu hidup, makanan, minuman.

Saya jujur pernah merasa sombong karena senang main di alam, dan akhirnya takluk oleh alam. Saya jatuh cinta, sehingga kesombongan itu perlahan tunduk. Terlalu indah bagi saya untuk sombong, saya terlalu kecil untuk sombong di alam.

Ya tapi ini anggap aja hanya ocehan-ocehan tidak penting dari saya. Pengetahuan dan pengalaman saya di alam sangat sedikit, masih cupu, belum apa-apanya dibandingkan yang lain.

Leave a Reply

