Banjir Informasi

Kemajuan teknologi dan sistem informasi membuat aliran informasi nyaris tak terbendung. Berkembangnya jejaring sosial dan akses internet yang sekarang berada dalam genggaman tangan terkadang membuat kita bingung dengan aliran banji informasi yang ada.

Aliran informasi yang nyaris tak terbendung membuat kita harus selektif memilah-milah mana berita/informasi yang kita butuhkan, informasi sampah dan bahkan informasi/berita yang tidak benar.

Beberapa kali berita HOAX (berita bohong) muncul di dunia maya (cyber space) misalkan kematian seorang artis atau bencana di suatu daerah.

Lalu bagaimana cara kita memilah-milah berita? Darimana kita bisa meyakini bahwa sumer informasi yang kita terima itu terpercaya? Misalkan kita sedang mengikuti sebuah kasus korupsi. Berita dari pihak yang mendukung dan yang tidak mendukung tersangka kasus itu membuat kita kesulitan untuk menerka, pihak manakah yang menyampaikan kebenaran. Apakah keputusan peradilan itu benar-benar adil atau ada intervensi dari pihak lain? Apakah benar-benar ada suatu konspirasi di dunia ini?

Lalu bagaimana kita menghadapinya? Itu yang masih jadi pertanyaan. Untuk penulis sendiri dan kita semua.

 

19 Januari 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s