Siap Menikah

Kadang timbul pertanyaan, kenapa masih belum juga menikah? Pekerjaan sudah punya, calon istri (baca: pacar) pun ada, usia sudah cukup matang, apa lagi yang ditunggu. Jawaban standarnya adalah “masih belum siap”. Seperti apa siapnya untuk menikah?

Finansial? Bisa jadi sih, karena (kebanyakan) orang tua tidak yakin melepas anak perempuannya jika calon suaminya tidak mempunyai penghasilan yang cukup atau pekerjaan yang jelas. Tapi saya punya beberapa teman yang menikah dalam kondisi tidak mempunyai pekerjaan tetap. Pada akhirnya mereka tetap hidup bahagia dan berkecukupan. Ada yang bilang menikah itu membuka pintu rejeki dan selama mau bekerja keras maka rejeki tidak akan lari kemana. Toh, pintu rejeki itu banyak, yang penting kita mau berusaha. Jadi sebenarnya, finansial bukan jadi alasan (utama) untuk kesiapan menikah.

Mental? Belum cukup dewasa untuk membina rumah tangga, masih emosian, masih labil. Lalu kapan akan siap? Manusia tidak akan bisa berubah dalam semalam, apalagi masalah mental. Jika selalu menunggu kesiapan mental/jiwa, bisa-bisa tidak akan pernah menikah, karena dalam hati kecil selalu ada keraguan, siap tidak ya, mampu atau tidak.

Dalam membina rumah tangga, laki-laki dan perempuan menyatukan visi hidup mereka. Belajar menerima ada orang lain yang mengintervensi hidup mereka. Sepanjang perjalanan rumah tangga itulah saling belajar memahami, saling mencoba mengerti walau terkadang ada konflik di dalamnya. Manusia adalah makhluk pembelajar, selalu belajar dari setiap kesalahan dan kejadian.

Jadi dalam pandangan penulis, tekad lah yang menentukan kita menikah atau tidak. Kebulatan tekad untuk mau menjadi lebih sabar, mau bekerja lebih keras, mau menjadi pribadi yang lebih baik demi kebahagiaan rumah tangga dan membentuk anak-anak yang baik.

 

21 Januari 2014

2 thoughts on “Siap Menikah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s