Kelembaman

lembam 1 /lem·bam / a tidak tangkas; lamban; malas: anak yg gemuk itu — sekali;
kelembaman /ke·lem·bam·an/ n 1 kelambanan; kemalasan; 2 Fis sifat materi yg menentang atau menghambat perubahan momentum atau keadaan gerak benda bersangkutan; inersia

http://kbbi.web.id/

Gampangnya, kelembaman adalah kecenderungan mempertahankan kondisinya sekarang (status quo). Manusia kebanyakan lembam, malas untuk berubah. Malas dan takut untuk meninggalkan zona nyamannya. Kebanyakan kita takut untuk melakukan perubahan karena takut akan ketidakpastian yang menanti jika kita meninggalkan zona nyaman kita sekarang.

Organisasi yang lembam, cenderung untuk melakukan itu-itu saja. Sistem kaderisasi yang begitu-begitu saja, program kerja yang hanya meniru tahun lalu bahkan terkadang hanya copy-paste tanpa ada perubahan dan mau berpikir untuk mengubah. Karena tahun sebelumnya (dianggap) lancar-lancar saja, maka tahun berikutnya main aman saja, tanpa mau mengkaji kebutuhan sekarang dan solusi perubahannya.

Bukankah air yang tergenang cenderung untuk busuk, sedangkan air yang mengalir selalu segar. Bukankah dalam hidup, cuma satu yang tidak berubah, yaitu perubahan itu sendiri.

Meninggalkan zona nyaman, membuang kelembaman membuat hidup kita lebih berwarna, lebih banyak cerita, lebih dinamis. Hidup yang dinamis selalu menghasilkan ide-ide baru yang juga lebih segar. Hidup yang statis cenderung tidak berpikir jauh ke depan, hanya melakukan apa yang sebelumnya telah dilakukan.

Jangan takut untuk jatuh, karena jatuh membuat kita belajar menjadi lebih berhati-hati. Jangan takut untuk terluka, karena luka lah yang mendewasakan kita dan memberikan kebijaksanaan pada hidup. Yang penting adalah segera bangkit setelah jatuh, segera sembuh setelah terluka.

Hidup bukanlah hidup jika dilalui tanpa jatuh dan luka. Hidup bukanlah hidup jika kita hanya diam di tempat tanpa mau bergerak menjadi dinamis.

22 Januari 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s