Hujan

Penulis merupakan salah satu dari sekian orang yang mencintai hujan. Hujan itu menenangkan, menyejukkan dan mendamaikan. Aroma tanah yang disiram hujan itu benar-benar menenangkan hati. Suara tetesan hujan dan kesejukannya seakan membuka pintu bagi kata-kata untuk mengalir dalam bentuk tulisan.

Hujan adalah berkah. Dalam hujan ada hidup untuk tumbuhan, karena hujan ada sungai yang mengalir bergemericik riang mengairi sawah, lading dan tempat hidup ikan-ikan yang gemuk dan bergizi.

Lalu bagaimana dengan banjir dan longsor akibat hujan? Bukankah itu berarti hujan membawa bencana?

Kita melihat masalah banjir dan longsor dari sudut yang keliru. Banjir dan longsor memang karena air hujan, tapi sesungguhnya hujan hanyalah pemicu. Penyebab utama banjir sesungguhnya adalah kita (manusia) sendiri.

Banjir adalah genangan air yang berlebih karena tidak terserap oleh tanah. Banjir terjadi karena lahan penyerapan air hujan telah habis atau berkurang drastic, digantikan oleh pemukiman yang ditutupi semen. Pohon-pohon yang kemudian mengikat air juga hilang, digantikan oleh pertokoan, jalan raya dan pusat kemewahan akibat pembangunan kota yang tidak terkendali.

Hutan yang seharusnya menjadi tempat penyimpanan air, habis digunduli untuk diambil kayunya secara serakah. Hutan habis dibabat dan dijadikan tempat peristirahatan yang bahkan hanya dipakai beberapa kali dalam setahun empunya.

Longsor pun serupa, tanah yang seharusnya stabil ditopang oleh akar-akar pohon, sekarang menjadi gampang tergerus air akibat hilangnya pepohonan.

Masihkan kita menyalahkan hujan? Percayalah, hujan adalah berkah. Dalam hujan ada rezeki yang tersimpan.

24 Januari 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s