Fiksi: Dongeng

Aku tumbuh dan besar diantara tumpukan buku-buku. Ayahku mempunyai perpustakaan pribadi yang besar. Ratusan bahkan ribuan buku ia miliki. Beliau mendidikku dengan buku, mengisi diriku sehingga mencintai buku-buku.

Diantara buku-buku ayahku, cerita dongenglah yang kusukai. Cerita tentang putri raja yang diselamatkan oleh pangeran tampan berkuda putih. Cerita tentang pangeran yang dikutuk oleh penyihir yang iri akan kebahagiaan keluarga kerajaan. Cerita yang selalu berakhir bahagia.

Semakin dewasa, semakin aku menyadari ada tokoh-tokoh yang terlupakan dalam setiap cerita. Pemeran pembantu, kalau di film. Tidak ada yang menceritakan bagaimana nasib kurcaci yang menemani putrid di pengasingan, tidak ada yang menceritakan nasib hewan-hewan yang memberikan hiburan pada pangeran yang dikucilkan.

Mungkin tidak ada yang menyadari bahwa  pelawak istana atau Joker ternyata mencintai Putri Raja amat sangat dalam. Tidak ada yang menyadari bahwa bertahun-tahun ia menghibur keluarga kerajaan demi Putri Raja yang berwajah elok nan baik budi.

Pada akhirnya, Joker memendam dalam-dalam rasa cintanya kepada sang putri. Joker yang setia menghibur sang putri setiap kali tenggelam dalam kesedihan. Jokerlah yang menghadirkan senyum sang putrid saat mengetahui bahwa pangeran pujaan yang ia nikahi berselingku dengan putrid seorang bangsawan.

Joker yang tulus mencintai dan tidak pernah mengharapkana cintanya berbalas. Joker yang sangat berbahagia melihat senyuman pujaan hatinya.

Aku mulai menggoreskan penaku di kertas putih, menuliskan dongeng tentang Pelawak yang mencintai dalam diam.

 

29 Januari 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s