Menjadi Relawan

Relawan adalah orang yang bekerja tanpa mengharapkan imbalan atau upah. Sepenuhnya karena keinginan untuk menolong. Terkadang diartikan orang yang bekerja serelanya.

Orang yang menjadi relawan, apalagi yang bernaung di bawah organisasi relawan tidak bisa berpikiran bahwa ia bekerja serelanya saja. Tidak bisa berpikir bahwa ia akan bekerja sekiranya sedang ingin saja. Namanya juga relawan, ya serelanya aja dong.

Ketika seseorang memutuskan bergabung dengan organisasi relawan, secara otomatis ia akan terikat dengan organisasi tersebut dan peraturan serta ketentuannya. Idealnya, tidak bisa ia seenaknya muncul dan menghilang d organisasi tersebut. Ia punya tanggung jawab.

Berarti ia tidak lagi dengan kerelaan hati dong menjadi relawan?

Ketika seseorang menjatuhkan pilihan bergabung menjadi relawan, ia siap dengan segala tanggung jawab dan resiko pilihannya. Berarti, sebagai manusia dewasa yang berakal, maka ia akan bersedia mengemban tanggung jawab yang ia terima sebagai seorang relawan.

Jika kita belum mampu untuk menghadapi konsekuensinya, sebaiknya persiapkan diri dahulu. Karena amanat yang nanti akan kita terima dan jalani, bisa jadi nantinya lebih menyita waktu.

Khususnya kepada relawan kemanusiaan, kepercayaan orang-orang terletak pada kemampuan untuk mengemban amanah. Menjadi relawan kemanusiaan terkadang menjadi pilihan yang tidak gampang. Berat bukan karena pekerjaannya, tapi pada tanggung jawab yang diterima.

Pelaksanaan program/kegiatan kemanusiaan umumnya didanai oleh sumbangan dari orang/instansi. Akan sangat berbeda pelaksanaan dan tanggung jawabnya seperti mengadakan sebuah konser musik yang spektakuler.

Jadi, sudah siapkah menjadi relawan?

28 Januari 2014

3 thoughts on “Menjadi Relawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s