Kereta Api

Aku menyenangi melakukan perjalanan dengan kereta api. Banyak buku-buku yang bercerita tentang perjalanan dengan kereta api. Ada banyak cerita bisa tertulis, ada banyak pembicaraan terjadi dan banyak renungan yang terjadi di dalam gerbong kereta. Novel Moechtar Loebis, Balada si Roy nya Gola Gong, hingga novel 5 Cm mempunyai adegan yang bercerita di dalam kereta.

Untukku pribadi tidak jauh berbeda. Gerbong kereta bagiku menjadi sebuah ruang meditasi, ruang inspirasi dan chat room jika tidak melakukan perjalanan sendiri. Suatu kali aku pernah “kabur” dari Bandung ke Yogyakarta dengan kereta sehingga aku bisa punya waktu untuk berpikir dalam perjalanan delapan jam Bandung-Yogya.

Dahulu kereta api masih belum sebaik sekarang. Kelas ekonomi apalagi, tidak ada aturan nomor tempat duduk, tidak ada pembatasan penumpang sehingga gerbong kereta sangat penuh, bahkan untuk lewat pun sangat sulit. Sekarang sudah jauh lebih baik, kereta ekonomi sudah melakukan pembatasan penumpang disertai nomor tiket, tidak ada lagi yang merokok di dalam gerbong. Baik dulu ataupun sekarang, perjalanan dengan kereta api selalu menyenangkan, selalu ada cerita baru, selalu ada renungan di dalamnya.

Perjalanan selama beberapa belas jam pun tidak akan terasa terlalu melelahkan. Aku bisa meluruskan kaki kapan saja, bisa berdiri dan berjalan untuk sekedar melancarkan kembali aliran darah ke dan dari kaki. Jendela kereta yang luas menyuguhkan pemadangan yang beragam. Sawah, hutan, kota dan pedesaan berganti-ganti seperti screen saver yang indah.

Jika engkau belum pernah bepergian dengan kereta api, cobalah. Pengalaman yang akan engkau dapatkan akan sangat berbeda. Jika engkau pernah bepergian dengan kapal laut, mungkin engkau akan merasakan pengalaman yang agak mirip, kecuali bagian pemandangan.

Tapi melakukan perjalanan dengan kendaraan apapun, pasti selalu ada cerita baru dalam hidupmu. Tak pernah ada perjalanan yang membawa cerita yang sama, walau arah yang dituju dan orang yang menemanimu sama. Nikmati saja. Enjoy your trip

Bandung-Semarang

4 Mei 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s