PERPISAHAN

 

Beberapa hari yang lalu aku dikejutkan dengan berita kematian salah seorang kerabat. Sehari sebelumnya sang istri posting status di akun FB pribadinya bahwa sang suami dirawat di rumah sakit. Secara pribadi, aku tidak begitu mengenal mendiang dengan baik, tapi beliau merupakan sahabat karib kakak tertuaku sejak zaman sekolah menengah. Pertemuan terakhir dengan mendiang adalah waktu tahun 2013, ketika idul Adha.

Perpisahan, dengan kata dasar pisah. Berarti cerai, tidak bersatu. Perpisahan berarti perceraian, atau hal berpisah.

Perpisahan bisa sementara, atau selama-lamanya. Maut merupakan penyebab perpisahan selama-lamanya, tidak ada yang bisa menjamin bahwa dua orang yang dipisahkan oleh maut akan dipertemukan lagi di akhirat, walau bukan berarti tidak mungkin.

Perpisahan sementara terjadi karena banyak hal. Contoh, sepasang kekasih yang berjauhan, suami-istri yang tinggal di kota berbeda, anak yang merantau meninggalkan orang tuanya, dan hal-hal lainnya.

Perpisahan adalah akibat dari adanya pertemuan, kalau tidak ada pertemuan, maka tidak akan ada perpisahan. Perpisahan dan pertemuan adalah dua sisi mata uang, mutlak ada jika yang lainnya ada. Mau tidak mau, kita harus siap suatu saat harus berpisah dengan sesuatu atau seseorang.

Tapi jangan khawatir, perpisahan bukanlah akhir dari segalanya. Mungkin kamu dan dia harus berpisah dulu sementara, supaya rindu diantara kalian mengental. Bukankah rindu merupakan ekstrak dari cinta yang berjarak? Rindu juga adalah bentuk kasih sayang, karena dalam rindu kau akan mendoakannya.

Kumohon jangan bersedih, jangan menangis. Bukankah ada janji yang mengikat kalian? Beri sedikit waktu, supaya kalian bisa berkontemplasi dengan diri kalian, memantapkan dan memantaskan. Menjejakkan kaki supaya melangkah dengan mantap bergandengan di masa depan.

Maaf

Bandung, 15 Maret 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s