CERMIN

 

Apakah itu cermin?

Cermin adalah kaca yang satu sisinya dilapisi senyawa metalik perak atau alumunium sehingga bisa memantulkan cahaya dengan sempurna. Karena memantulkan cahaya dengan sempurna, cermin diaplikasikan dalam banyak hal di kehidupan seperti kaca spion, pembangkit listrik tenaga matahari dan cermin rias.

Cermin rias yang hampir selalu kita kunjungi setelah mandi, baik itu untuk bercukur atau sekedar menyisir rambut dan dandan adalah cermin datar. Sesuai sifat pemantulan cahaya, hasil bayangan cermin datar adalah maya, dan sama persis seperti objeknya.

Tentu kita pernah bercermin, mematut-matut diri sebelum keluar rumah atau bertemu dengan kekasih hati, supaya terlihat (nyaris) sempurna.

Tapi pernahkah kita bercermin lalu bertanya, “Bayangan siapakah yang ada di cermin ini?”

Bercermin tidak hanya sekedar kata kerja untuk kegiatan berdiri memandang bayangan yang terbentuk karena pemantulan cahaya pada bidang cermin datar, tapi juga bermakna menyelami dan mengenal diri sendiri.

Sudahkah kita memandang bayangan kita dan bertanya dalam hati “Apakah aku sudah mengenal diriku?”

Mengenal diri sendiri bukan hanya sekedar mengetahui nama, keluarga, tinggi dan berat badan. Mengenal diri sendiri adalah tentang mengetahui sifat, kepribadian, kelebihan dan kekurangan.

Saat kita sudah mengenal diri sendiri, maka kita akan mampu ngobrol dengan diri kita, merencanakan masa depan dengan belajar dari masa lalu dikalikan ekuivalen kelebihan dibagi kelemahan.

 

 

Ini lagi ngomongin apa sih? Sepertinya akibat dua cangkir kopi, cermin buram di kamar mandi dan tulisan-tulisan yang belum rampung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s