Surat dari Mang Kepada Keponakannya

Dear keponakan-keponakan Mang. Apa kabarnya kalian? Apakah kalian dalam keadaan sehat? Mengisi waktu liburan dengan 3M (Makan, Molor, Mo*ol), hehehehehe. Tapi yang pasti, kalian pasti kangen Mang Darma kaaaan? Ha… ha…. Ha….

Sudah hampir sebulan ya, sejak pertemuan terakhir kita di Learning Camp Sinergi Sumedang 2016?

Besok kan ya, tanggal 28 pengumuman hasil ujian SBMPTN yang kalian ikuti? Deg-degan? (ya iyalah deg-degan, da hirup.)

Sementara pengumumannya belum keluar, kalau boleh Mang minta kalian baca/simak baik-baik apa yang akan mang sampaikan.

Sekarang tinggal waktunya berserah, mempasrahkan semua keputusan di tangan-Nya. Tidak ada lagi  yang bisa kalian perbuat, hanya menunggu.

Apapun itu hasilnya, apakah sesuai dengan yang kalian harapkan atau tidak, itulah jalan terbaik yang disediakan oleh Allah. Percayalah bahwa ada skenario indah yang disiapkan-Nya untuk kalian.

Jika kalian memang telah berusaha dengan maksimal, lalu tidak lupa berdoa akan pertolongan-Nya, maka apapun hasilnya, ikhlaslah dan bersyukur. Jika baik, maka itulah buah kerja keras kalian, jika belum baik, berarti kalian sedang diuji supaya menjadi semakin kuat.

Jika memang kalian belum maksimal perjuangannya, ya terima saja apapun hasilnya. Jika baik, mungkin kalian beruntung, jika tidak ya wajar.

Apapun hasilnya, jangan sampai memalingkan kalian dari cita-cita yang kalian impikan.

Jika kalian diterima di PTN yang kalian inginkan, jadikan langkah ini sebagai titik tolak kalian menggapai cita-cita. Simpan cita-cita kalian, jangan lupakan. Jika suatu saat kalian merasa lelah dan jenuh, ingat lagi cita-citanya, hingga menjadi bahan bakar untuk semangat kalian.

Jika ternyata kalian belum diterima di PTN, jangan menyerah, jangan lupakan mimpi kalian. Bisa saja Tuhan sedang mempersiapkan jalan lebih panjang dengan ending yang lebih indah. Atau bisa saja kau merasa congkak dengan capaianmu jika masuk PTN, hingga kau abai terhadap cita-citamu. Berbaik sangka pada-Nya.

Surat ini hanya bisa Mang tulis di sini, soalnya kalau dikirim surat satu-satu ke alamat kalian, Mang ga tahu alamat lengkap kalian semua, dan lumayan juga ngirim surat Surabaya-Jawa Barat.

Jangan pacaran mulu, (mungkin) belum waktunya, jangan lupa bahagia, doa Mang untuk diri Mang sendiri lah, yeee. Hahahahaha, Doa semoga kalian selalu mendapatkan yang terbaik.

 

Salam

Mang Darma

4 thoughts on “Surat dari Mang Kepada Keponakannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s