Sudah Benarkah Shalat Kita?

Sudah benarkah sholat kita? (Gambar dicomot dari http://oktadwianggoro.blogspot.co.id)

Dalam Islam, sholat merupakan unsur terpenting setelah Syahadat. Jika syahadat diumpamakan sebagai pondasi Islam, maka sholat merupakan tiang yang menjaga tegaknya Islam. Tidak sedikit ayat Al-Quran dan hadits yang membahas tentang perintah dan keutamaan sholat.

Dinyatakan bahwa sesungguhnya sholat itu mencegah manusia dari perbuatan keji dan munkar. Sholat seperti apa yang mencegah dari perbuatan keji dan munkar? Sholat yang dilaksanakan dengan benar sesuai yang dilakukan Rasulullah SAW.

Lalu, sudah benarkah sholat kita?

Pertanyaan ini beberapa waktu ke belakang terus melayang di pikiranku. Benarnya sholat tidak hanya masalah gerakan, tapi sependek ilmu ku lebih dari itu.

Dimulai dari pakaian yang dikenakan ketika melaksanakan sholat, apakah yakin tidak terkena najis, terpercik  atau terkena najis baik ringan atau sedang yang tidak disadari. Kalau najis berat mungkin sudah pasti disadari.

Berikutnya cara kita bersuci. Apakah cara kita bersuci sudah seperti yang dicontohkan, membersihkan diri dari najis dan hadas?

Wudhu. Apakah kita sudah yakin wudhu kita benar? Tidak ada bagian yang wajib luput terkena air wudhu.

Sholat. Apakah gerakan sholat kita sudah benar? Bacaan sholat telah benar. Karena dalam bahasa Arab, beda panjang dan pendek, lalu cara pengucapan bisa menyebabkan beda arti.

Apakah sholat yang kita lakukan telah sesuai dengan fiqihnya? Sholat yang kita lakukan sekarang masih seperti dulu diajarkan oleh guru ngaji kita (insya Allah yang diajarkan guru ngaji mah bener ya).

Ada banyak kursus cepat membaca Al-Quran, kursus kilat Bahasa Arab, Kelas Tahfidz, tapi sedikiiit sekali kelas belajar (kembali) sholat.

Hati-hati kawan-kawan, jangan merasa sholat kita sudah benar kecuali kita sudah sebelumnya melongok kembali ke tuntunan.

Insya Allah jika sholat kita benar, maka hidup kita ke depannya akan benar juga.

*Tulisan ini merupakan renungan dan tamparan untuk diri sendiri. Syukur-syukur bisa jadi bahan renungan untuk kawan-kawan.

2 thoughts on “Sudah Benarkah Shalat Kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s