Nonton di Bioskop Bawa Anak? Mikiiir..!!

Jangan keliru, bukan berarti aku yang pergi nonton di bioskop bawa anak. Fenomena membawa anak ke bioskop ini pernah dibahas di beberapa blog, bahkan salah seorang artis (siapa ya? Lupa. Leony apa Chelsea Olivia ya?) Gara-gara mengalaminya sendiri, akhirnya aku jadi ingin menuliskan tentang fenomena ini.

Jadi ceritanya, aku dan istri akhirnya nonton The Avenger: Infinity Wars (Iya telat, tau kook. Hehehehe). Nonton di Sutos (Surabaya Town Square), salah satu mall di kota ini. Karena memang sudah lewat tiga minggu sejak premiere-nya, jadi studionya tidak terlalu ramai.  Separuh saja ga sampai.

Menariknya, ada beberapa penonton yang membawa anaknya menonton film ini. Ada yang membawa anak usia sekolah dasar (6-12 tahun), tetapi ada juga yang membawa anak-anak di bawah lima tahun.

Namanya anak-anak, dengan energi yang melimpah ruah dan ga bisa diam, pasti akan ribut dan mengganggu penonton yang lain dong. Apalagi film ini, yang kalau ngedip aja bisa kelewat adegan-adegan penting. Menariknya, ada satu ibu-ibu membawa dua anaknya, satu usia SD dan satu lagi masih balita, nonton di studio yang sama. Di tengah film, anak bungsunya kebelet pipis, dan anak tertuanya disuruh nganterin adiknya pipis. Eealaah, ga mau kelewat banget ya? Hahahaha

Yang jadi bahan pikiran

Pertama, film ini rate-nya R13, berarti minimal yang boleh nonton adalah remaja, karena ada unsur kekerasan. Anak yang nonton minimal sudah mengerti bahwa kekerasan ini hanya ada di film saja, bukan terjadi di dunia nyata. Rasanya ga bijak mengajak anak usia di bawah 13 tahun menonton film ini. Anak usia ini masih rentan meniru apa yang ditontonnya. Tidak satu atau dua kali kasus anak kecil meniru adegan kekerasan yang ditontonnya kepada temannya.

Kedua, namanya anak kecil ya pasti ga bisa diem kan ya. Mereka pasti akan berisik, menangis, berlarian di dalam ruangan bioskop. Hal ini pasti mengganggu penonton lainnya yang ingin mendapatkan ketenangan menikmati film favorit mereka. Makanya jadi pertanyaan lagi, bijak ga sih bawa anak kecil nonton di bioskop? Bukankan kita membayar harga tiket yang sama untuk nonton film tersebut? Berarti penonton yang lain berhak dong mendapatkan suasana nonton yang tenang, bisa fokus menikmati filmnya.

Berarti aku melarang mengajak anak kecil nonton di bioskop? Ga lah. Boleh saja membawa anak kecil ke bioskop, asalkan filmnya memang sesuai usianya. Tapi kalau bukan, alangkah baiknya para orangtua menahan diri dulu untuk ga memaksa menonton film yang sudah ditunggu-tunggu. Toh masih bisa menunggu blue-ray nya di banyak situs. Atau kalau memang ga sabar dan pengen banget nonton, ya anaknya ditinggal saja. Salah seorang teman pernah cerita kalau ia dan suaminya selalu gantian nonton. Suaminya nonton, ia jaga anak, dan sebaliknya. Atau jika bisa, si kecil dititipkan dulu ke sanak kerabat.

Rasanya, ga apa-apa kita memikirkan kesenangan pribadi. Tapi jangan sampai kesenangan kita malah mengganggu kesenangan orang lain.

Mbok ya otaknya dipakai, jangan di-gulai. Kalau kata ust. Evie Evendi. Mikiiiil…!!

5 thoughts on “Nonton di Bioskop Bawa Anak? Mikiiir..!!

  1. Selain rating usia, kalau yang kusimak dibeberapa thread Twitter orang yang ngerti soal sound bioskop itu katanya bisa memengaruhi pendengaran. Suara dalam bioskop terlalu besar untuk kapasitas pendengaran anak. Katanya sih usia aman untuk dibawa ke bioskop kalau gak salah mulai 12 tahun. Pas pendengaran mereka udah cukup kuat.

  2. Leony yang pernah curhat…

    Aku yah emak2 yang suka nonton, punya anak balita tapi sekalipun belum pernah aku ajak nonton. Aku sadar banget, anakku super aktif. Yaudah nontonnya telat sih gpp…

    Dan karena nonton ggbawa anak, aku pernag hlo dikatain egois. Tapi aku mikir, aku lebih egois lagi kalo nonton ajakin anak super aktif dan cerewet… Heheh

  3. Leony yang pernah curhat…hehe

    Aku emak2 suka nonton, tp sekalipun blm pernah ajak anak. Sadar bgt, anaknya usil dan cerewet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s